Kamis, 13 Juni 2013

Rujak Manis Semeru

Saat saya melewati jalan Semeru mencari-cari ayam goreng pemuda yang ternayata sedang tutup, saya melihat sebuah warung yang cukup ramai berada di depan sebuah rumah tinggal. Perut saya terpanggil untuk mencoba makanan yang ramai dipesan orang itu, sudah bawaan dari lahir soalnya jika ada tempat makan yang ramai selalu ingin mampir dan mencoba. Padahal saya juga enga tahu makanan apa yang dijual disana, penasaran juga kan?? Check this out..

Warung makan ini menyewa sebuah lahan depan dari sebuah rumah, dengan gerobak warna biru dan beberapa meja kursi yang tertata rapi di halaman tersebut. Agak masuk sedikit ke dalam tempatnya, jadi kalau mau mencari tempat ini harus pelan-pelan pas melewati jalan Semeru-nya. Di gerobaknya terpasang sebuah banner bertuliskan Rujak Manis Semeru. O.. ternyata warung yang ramai ini khusus menjual rujak manis, jual rujak manis aja rame begini pikir saya, jadi tambah penasaran seenak apa sih sampai semua orang rela mengantri.

Seporsi rujak manis dan es degan menjadi pesanan saya. Melihat porsi rujak manis yang tersaji membuat saya sempat kaget, bushyeet porsinya gede banget. Percaya deh ini rujak bisa untuk makan 3  sampai 4 orang, padahal saya hanya datang sendirian. Sepiring penuh irisan aneka buah-buahan dan juga tahu goreng menjadi isinya. Isi rujak manis jawa timuran mengikutsertakan potongan tahu goreng sebagai anggotanya, agak berbeda memang dengan rujak dari daerah lain. Bumbu kacangnya juga tersaji secara terpisah dengan porsi tak kalah banyaknya, sepiring gula jawa yang telah diulek bersama bumbu petis, ditaburi kacang tanah yang juga telah diulek halus dan diberi sesendok besar sambal di pinggir piringnya. Jika suka rasa yang sangat pedas tinggal campur aja seluruh sambal yang disediakan dengan adonan bumbu kacang. Rasa buah-buahannya cukup segar, tahu gorengnya juga merupakan favorite disini. Masalah bumbu kacangnya jangan ditanya lagi, terasa nyampleng abis. Perpaduan yang sangat pas, tak heran warung ini ramai sekali pengunjungnya.

Sekarang giliran mencoba es degannya, sluuurrp... adem banget di tenggorokan. Daging kelapa yang disajikan empuk khas kelapa muda, air kelapanya juga manis dan sangat segar. Engak kalah nilai sama rujak manisnya, saling melengkapi sehingga menghasilkan rasa puas. Kalau mau mencoba rujak manis ini jangan lebih dari jam 4 sore ya. Satu lagi, rujak manis Semeru hanya ada di jalan Semeru, kalau ada warung lain yang mengaku sebagai rujak manis Semeru juga don’t believe it karena rujak manis Semeru tidak membuka cabang di tempat lain.


Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar